Tips merawat kamera DSLR

Disini ada beberapa masukan buat anda pecinta kamera DSLR atau yang suka menggunakan kamera jenis ini…ada beberapa tips yang mungkin berguna bagi kalian pengguna kamera DSLR…inilah Tips perawatan kamera di bawah ini tidak hanya berlaku pada kamera DSLR, tapi dapat diaplikasikan pada semua jenis kamera :

1 . Merawat lensa
Jangan menyentuh bagian optis lensa dengan jari, pasang selalu filter pelindungnya atau gunakan lens hood. Pasang selalu tutup lensa jika tidak sedang digunakan untuk mengurangi resiko debu menempel. Jika ingin membersihkan lensa, gunakan blower terlebih dahulu, lalu lens brush, baru lens cloth jika ada bekas jari yang menempel.

2. Merawat batere
Jangan mencharge batere secara berlebihan, segera cabut jika batere sudah penuh kemudian lepaskan batere dari dalam kamera jika tidak digunakan, usahakan agar hanya memakai batere original.

3. Merawat bodi kamera
Bersihkan bagian luar bodi kamera dengan kain yang lembut, gunakan blower untuk menyingkirkan debu yang menempel di sudut-sudut. Pembersihan bagian dalam dimulai dengan menggunakan blower, lalu blower brush untuk kotoran yang sulit dibersihkan, me-lock up mirror ke atas jika ingin ngeblower bagian sensor. Apabila ada kotoran yang sulit dibersihkan lebih baik jangan membersihkan sendiri jika ada kotoran yang menempel dan sulit dibersihkan di bagian sensor kamera karena sensor adalah bagian yang sangat sensitif.

4 . Merawat kartu memori
Biasakan untuk menyimpan kartu memori di dalam casingnya agar terhindar dari debu, terpapar/terkena benda bermedan magnet dan memperpanjang umur kartu memori itu sendiri.

5 . Penyimpanan kamera
Jika memiliki dana lebih dapat dipertimbangkan untuk memiliki drybox yang menggunakan alat pengatur kelembaban sebagai tempat penyimpanan kamera atau simpan kamera di dalam plastik ber-clip yang diberi silica gel, simpan di tempat kering dan jauhi benda-benda bermagnet.

Dengan cara seperti ini mudah-mudahan peralatan fotografi anda bisa lebih awet dan berumur panjang.
Silahkan lakukan tips-tips di atas agar kamera anda tetap dalam kondisi yang memuaskan !

0 komentar:

Posting Komentar