Meredam suara penonton saat konser


Untuk meredam suara berisik penonton di lagu live menurut saya termasuk hal yang lumayan susah (kalo tidak mau disebut mustahil) Ada beberapa syarat mutlak yang harus dipenuhi agar audio tersebut bisa diredam suara ribut-ributnya. Simak yang berikut ini

Sejatinya pertunjukan lagu yang live itu akan lebih hidup jika dibarengi dengan suara yel-yel dari penonton. Biasanya suara-suara dari penonton tidak akan dominan melainkan terdengar sayup-sayup di background. Kalau menurut saya itu tidak mengganggu melainkan lebih menambah kemeriahan suatu pertunjukan live.

Jika anda tidak menghendaki suara penonton sama sekali bisa saja anda cari versi rekaman studionya bukan?

Saya beberapa kali mencoba untuk melakukan filter terhadap suara gaduh penonton di adobe audition namun hasilnya kurang memuaskan dalam segi kualitas suara. Namun tetap saya jelaskan caranya supaya anda bisa memutuskan mau menggunakannya atau tidak.

Sebelumnya, 2 syarat mutlak agar suatu audio live bisa diredam suara-suara gaduh dari penonton:

1. Dual channel (stereo) atau lebih (dolby 5.1), single channel (mono) tidak akan bisa dilakukan peredaman suara
2. Di record lewat peralatan mixer sound system. Umumnya pertunjukan live suaranya direkam melalui kanal mixer sound system. Jadi audio seperti ini yang lebih memungkinkan untuk diredam daripada audio yang langsung direcord dari kamera :D

Itu saja syaratnya. Berikut langkah-langkah yang saya tempuh untuk meminimalisir suara penonton dengan adobe audition:
1. Import audio klip ke timeline

2. Buka menu effects - filter - center channel extractor


3. Ada beberapa preset disana, pilih preset acapella. Preset acapella akan mereduksi channel kiri dan kanan namun tetap mempertahankan channel tengah sehingga vokal penyanyi menjadi lebih jelas dan suara latar (background) menjadi teredam.
Ini kebalikan dari proses menghilangkan suara vokal lagu :D
Preset amplify vocal dan lift vocal juga bisa anda pakai, atau atur sendiri settingan sesuai keinginan

Silakan anda mencobanya :D Kalau menurut saya lebih baik suara yel-yel penontonnya dipertahankan, untuk mendapatkan momen kemeriahan acara live.

1 komentar:

  1. alda Fiona mengatakan...:

    pake aplikasi apa itu??

Poskan Komentar