MEMBUAT COVER/LABEL CD MENGGUNAKAN COREL DRAW




Apabila kita membakar cd, tentunya kita butuh cover/label  agar tampilan CD lebih menarik. Bagaimana cara membuatnya?cukup mudah untuk mebuatnya. Dalam tutorial ini saya menggunakan aplikasi CorelDraw X3. Kita bisa gunakan Coreldraw versi yang lainnya, karena inti dari pengerjaannya sama.
Langkah-langkah dalam membuatnya sebagai berikut:
1. Setting ukuran kertas label
Kita tentukan dulu ukuran panjang dan lebar label CD yang kita gunakan dengan memakai penggaris. Perlu diingat, bahwa label CD tiap pabrikan/merk memiliki  ukuran kertas yang berbeda pula.  Jadi perlu kita ukur terlebih dulu. Di sini saya menggunakan kertas label yang berisi dua label dengan ukuran 23 cm X 14cm
2. Setting ukuran CD
Ukuran asli label CD biasanya kurang lebih 12 cm. Namun, untuk amannya kita buat ukuran desainnya melebihi ukuran aslinya. Biasanya ditambahi 0,5 cm s/d 2 cm. Tujuannya agar mencegah desain yang terpotong/tidak pas pada pencetakannya.
3. Setting tata letak label CD
Kita tentukan titik tengah dari masing-masing label cd. Di dalam corel dinyatakan dalam nilai x dan y.
4. Desain Label
Untuk membuat desain bisa kita gunakan CorelDraw atau aplikasi lain seperti Adobe Photoshop. Kemudian gambar/desain tersebut kita impor atau dicopy paste ke dalam corel. Caranya dengan klik file > import.
5. Memasukkan desain ke dalam label
Agar pas desainnya, kita gunakan fasilitas powerclip pada corel. Caranya klik menu Arrange > Powerclip > Place Inside to Container.
6. Setting printer
7. Pengaturan posisi kertas label pada printer
8. Cara memasang hasil cetak cover ke CD
Selamat mencoba!

0 komentar:

Poskan Komentar